Profil Desa Hargotirto

Peta Desa Hargotirto


Profil Desa Hargotirto

Desa Hargotirto adalah desa yang berada di dalam lingkup kecamatan Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Desa Hargotirto berbatasan dengan Desa Hargowilis ke arah timur,  Waduk Sermo(Desa Hargowilis) ke arah selatan, Purworejo dan Kalirejo ke arah barat dan Kecamatan Girimulyo ke arah utara. Desa Hargotirto ini sangat terkenal di kalangan warga sekitarnya karena keramahan dan hospitalitas yang dipunyai penduduk desanya.

Desa Hargotirto memiliki luas area sebesar 14.713,370 ha dan memiliki jumlah penduduk sekitar 8.300 jiwa. Susunan administratif desa Hargotirto dibagi menjadi 14 padukuhan, 30 RW dan 70 RT.

Desa Hargotirto memiliki wilayah yang berbukit hingga bergunung dengan ketinggian antara 500-1000 meter di atas permukaan laut. Desa Hargotirto memiliki tanah yang sangat subur, dikarenakan oleh curah hujan yang sangat tinggi yaitu rata-rata 2.100mm/tahun dan temperatur yang relatif rendah dibandingkan oleh seluruh Indonesia dengan temperatur rata-rata antara 23-28 derajat celcius. Mata pencaharian utama penduduk desa Hargotirto adalah pertanian dan produksi gula jawa dan gula semut. Selain produk gula, warga Hargotirto juga banyak menanam buah-buahan seperti kakao, durian, salak, cengkeh dan manggis. Total jumlah kepala keluarga di Hargotirto berkisar 1.900 dengan tingkat pekerjaan yang berkisar 1.600 jiwa.


14 Padukuhan yang terbagi di dalam Desa Hargotirto adalah:

1.  Dukuh Soropati
2.  Dukuh Sekendal
3.  Dukuh Segajih
4.  Dukuh Keji
5.  Dukuh Teganing I
6.  Dukuh Teganing II
7.  Dukuh Teganing III
8.  Dukuh Tirto
9.  Dukuh Crangah
10.Dukuh Sungapan I
11.Dukuh Sungapan II
12.Dukuh Menguri
13.Dukuh Sebatang
14.Dukuh Nganti


Komentar

Postingan Populer