Dukuh Sungapan I,II


Lokasi: Hutan Dusun Sungapan I

PROFIL DUSUN SUNGAPAN I
                       
Dukuh Sungapan I terletak di Desa Hargotirto sebelah barat, berbatasan langsung dengan Desa Kalirejo, Kabupaten Purworejo. Total penduduk Dukuh Sungapan 1 adalah 416 jiwa, dengan 145 KK, 4 RT dan 2 RW. Ada satu bangunan SD di dukuh ini, yakni SD Sungapan, dan ada juga 1 bangunan TK yang saat ini belum memiliki bangunan sendiri.

Sebagaimana mayoritas penduduk di Desa Hargotirto, sebagian besar penduduk bekerja sebagai pengrajin gula kelapa. Alhasil, Gula kelapa masih menjadi komoditas pertanian nomor satu di Dukuh tersebut. Sistem distribusi gula kelapa di Dukuh ini lebih maju dibanding dukuh lain. Apabila di dukuh lain masih banyak pengrajin yang terikat dengan sistem ijon, tidak demikian dengan pengrajin di dukuh Sungapan 1. Pengrajin gula kelapa langsung mengolah gula menjadi gula kristal, yang kemudian disalurkan ke pengepul atau CPU. Para CPU ini akan langsung menyalurkan gula kristal ke KUB Tiwi Manunggal. Tak hanya gula jawa, hasil pertanian lain yang juga banyak dijumpai di dukuh ini adalah Durian, Manggis, Kakao, dan Cengkeh, sama halnya dengan dukuh lain di Desa Hargotirto. Untuk komoditas peternakan sendiri, Kambing dan Ayam masih merajai.

Kelompok masyarakat yang aktif berkegiatan di Dukuh Sungapan I antara lain, Kelompok PKK, Posyandu dan POS Lansia setiap tanggal 20, Karang Taruna, Kelompok Pengajian Ibu-ibu dan kelompok Pengajian Bapak-bapak. Adapun kelompok kesenian yang aktif adalah kelompok hadrah, kelompok shalawatan, dan para sepuh yang masih menekuni kesenian macapat.

Obyek wisata yang ada di Sungapan 1 adalah Gunung Ijo atau Bumi Langit dan Gunung Salam atau Songgo Langit. Kedua obyek wisata tersebut masih berada dalam tahap konstruksi dan pengembangan. Proses konstruksi dan pengembangan tersebut dikelola secara mandiri oleh pemuda dari Dukuh Sungapan 1, Crangah, Sebatang, Menguri, dan Desa Kalirejo. Karena dikelola secara mandiri, proses konstruksi masih berjalan sangat lambat, sehingga sampai saat ini, obyek wisata tersebut masih belum secara resmi dibuka untuk publik. Kendati demikian, telah dibangun sebuah pasar di antara kedua obyek tersebut yang diproyeksikan sebagai tempat menjual produk-produk lokal di Desa Hargotirto. Kepala Dukuh Sungapan 1 sendiri berharap adanya promosi agar obyek wisata Gunung Ijo dan Gunung Salam, serta potensi alam lain dari Sungapan 1 mendapat eksposur dari dunia luar, agar potensi Dukuh dapat lebih berkembang dan masyarakat Dukuh Sungapan 1 menjadi lebih sejahtera.

Sumber data primer: Bapak Tukijan (Kepala Dukuh Sungapan I)


Lokasi: Dusun Sungapan II




PROFIL DUSUN SUNGAPAN II

Dusun Sungapan II terdiri dari 5 RT dan 2 RW dan berpenduduk sekitar 553 jiwa.Dusun Sungapan II terletak bertetanggan dengan Dusun Sungapan 1 dan Dusun Tirto. Sebagian besar penduduk di Dusun Sungapan II menekuni profesi pengrajin gula jawa, atau yang biasa disebut sebagai penderes. Selain pengrajin gula jawa, ada juga beberapa profesi yang ditekuni penduduk Dusun Sungapan II, antara lain, pengrajin kayu, konstruksi dan pedagang pedagang kecil. Hasil perkebunan di Dusun Sungapan II adalah Durian dan Manggis, sebagaimana dengan dusun tetangganya, yaitu Dusun Sungapan I. Binatang yang paling sering diternak oleh penduduk Dusun Sungapan II adalah kambing, yang nantinya bisa diperoleh pupuk dan peranakannya dan ayam, yang bisa digunakan untuk konsumsi sendiri.

Kesenian budaya yang aktif di peragakan oleh penduduk Dusun Sungapan II adalah kesenian Jathilan, mirip seperti dusun dusun lain di Desa Hargotirto. Selain kesenian Jathilan, juga ada kesenian Shalawatan yang menggunakan rebana. 

Dusun Sungapan II mempunyai organisasi Karang Taruna dan kelompok kelompok tani yang aktif. Di antara kelompok kelompok tani yang aktif di Dusun Sungapan II adalah kelompok tani Nirah Manis dan Andini. Selain itu, di Dusun Sungapan II juga di adakan kegiatan posyandu yang dilaksanakan setiap tanggal 24 di setiap bulan.

Penduduk Dusun Sungapan II terkenal dengan toleransi terhadap dengan organisasi keagamaan yang berbeda. Jadi, diskriminasi terhadap agama dan kepercayaan adalah hal yang tidak akan terlihat di Dusun Sungapan II, selain itu, seperti Dusun dusun yang lain yang berada di Desa Hargotirto, penduduk Dusun Sungapan II juga dikenal sebagai penduduk yang sangat ramah.

Sumber data primer: Pak Tumija (Kepala Dusun Sungapan II)



Komentar

Postingan Populer