Dukuh Sekendal

Lokasi:SMP 2 Kokap, Dusun Sekendal

PROFIL DUSUN

Dusun Sekendal merupakan bagian dari desa Hargotirto yang terletak di antara dusun Segajih, dusun Teganing dan dusun Keji. Dusun Sekendal terdiri atas 2 RW dengan dibawahnya terdapat 4 RT. Penduduk dusun Sekendal adalah berkisar 312 orang dengan mayoritas berprofesi sebagai petani dan penderes (pengrajin gula) dan merupakan dusun dengan populasi paling sedikit diantara dusun-dusun lain di desa Hargotirto. Dusun Sekendal memiliki 2 sekolah, yakni 1 SD (SD Pantaran) dan 1 SMP (SMP 2 Kokap). Selain bangunan-bangunan tersebut, Balai Desa Hargotirto juga terdapat di dalam wilayah Dusun Sekendal.

Organisasi yang terdapat di dusun Sekendal adalah karang taruna, kelompok tani, posyandu mandiri yang dilaksanakan pada tanggal 16 setiap bulan, dan poslansia yang terdapat pada sekitar tanggal 20 setiap bulan.

Kesenian yang dimiliki dusun Sekendal adalah Jathilan(Kuda Lumping). Komoditas pertanian dusun Sekendal adalah durian, manggis, kakao, dan kelapa. Produk utama yang dihasilkan oleh dusun Sekendal adalah gula kelapa, gula kristal, dan gula semut.  

Dusun Sekendal masih memperoleh pendanaan dari pemerintah dan donator untuk pembangunan pembangunan gedung-gedung yang penting yang berada di Dusun Sekendal. Akses jalan di Dusun Sekendal masih perlu perbaikan dan perhatian khusus dari pemerintah setempat, sebab akses jalan dusun merupakan jantung bagi masyarakat, tak hanya masyarakat Dusun Sekendal sendiri, tetapi juga bagi masyarakat dusun sekitarnya. Mengingat letak Dusun Sekendal yang menjadi penghubung antar dusun di Desa Hargotirto, seperti Dusun Soropati, Teganing III, Keji, dan Segajih.

Sumber Data Primer: Kepala Dukuh Sekendal (Bapak Sakir)

Komentar

Postingan Populer